Rabu, 21 November 2018

Punakha Suspension Bridge


PSB adalah salah satu jembatan gantung terpanjang di Bhutan. Panjangnya 160-180 m, berada di atas sungai Po Chhu. Cukup menantang adrenalin karena jembatan ini bergoyang ketika ada gerakan. Bendera doa berwarna-warni digantung sepanjang jembatan yang berlatar belakang gunung. Indah sekali. Bonus yang diperoleh selama di Bhutan adalah udara segarnya yang melimpah.  


Untuk sampai di jembatan ini, kita harus berjalan kurang lebih 5-10 menit, dan ada satu hal yang agak unik yaitu ada semacam perbatasan sekitar 80 cm yang dibuat dengan kayu dan kita harus menaiki dan langsung menuruni 3-4 undakan tangga.  Saya dan teman menduga bahwa itu sengaja dibuat agar sapi-sapi mereka tidak melewati batas tanah dan hilang entah kemana.  Masuk akal khan yah? Memangnya Anda pernah melihat sapi naik-turun tangga?








Bagi yang takut ketinggian dan Kia si (takut mati), jembatan ini dapat dijadikan sebuah tantangan untuk mengalahkan diri sendiri dan bertekad untuk tiba di seberang sana.  Diujung jembatan terdapat sebuah cafe dan toko souvenir kecil.  Jembatan gantung ini wajib dikunjungi jika sudah mampir ke Punakha Dzong karena letaknya berdekatan.  Menyeberanglah, Menyeberanglah..

Tidak ada komentar:

Mantra Bodhisatwa Tara

Bodhisatwa Tara  "om tare tuttare ture soha" Bodhisatwa Tara, yang pada mulanya berasal dari air mata yang diteteskan oleh Bodh...